Minggu, 16 Mei 2010

Keutamaan JIHAD

سئل رسول الله أي الأعمال أفضل ؟ قال إيمان بالله و رسوله وقيل ثم ماذا ؟ قال الجهاد في سبيل الله قال ثم ماذا ؟ قال حج مبرور (فتح الباري رقم 26 ورقم1519 و مسلم رقم 83)
Rosululloh saw. Pernah ditanya; amalan apakah yang palilng utama? Beliau menjawab Iman kepada Alloh dan Rosul-Nya. Beliau ditanya lagi; kemudian apa? Beliau menjawaj ; Jihad fii sabiilillah. Lalu ditanya lagi: kemudian apa? Beliau menjawab; Haji Mabrur.”

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال جاء رجل إلي رسول الله صلي الله عليه وسلم فقال دلني علي عمل يعدل الجهاد قال لا أجده قال هل تستطيع إذا خرج المجاهد أن تدخل مسجدك فتقوم ولا تفتر وتصوم ولا تفطر قال ومن يستطيع ذلك. قال أبو هريرة إن فرس المجاهد ليستن في طوله فيكتب له حسنات

Dari Abu Huroiroh ra. Beliau berkata: “Datang seseorang kepada Rosululloh saw. Lalu berkata:’Tunjukkan padaku sebuah amalan yang bisa menyamai jihad !!’ Beliau menjawab: ‘Aku tidak mendapatkannya. Apakah kamu mampu apabila seorang mujahid keluar, kamu masuk masjid lalu sholat dan tidak berhenti,puasa dan tidak berbuka?‘ Lalu orang tersebut berkata:’Siapa yang mampu melakukan hal tersebut.’ “ Abu Huroiroh berkata:”Sesungguhnya bermainnya kuda seorang mujahid itu dicatat sebagai beberapa kebaikan”.(Al-Bukhori 4/200)

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قيل يا رسول الله أي الناس أفضل فقال رسول الله صلي الله عليه وسلم مؤمن مجاهد في سبيل الله بنفسه وماله قالوا ثم من قال مؤمن في شعب من الشعاب يتقي الله ويدع الناس من شره.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. ia berkata :”Dikatakan kepada Rosululloh saw. ;Wahai Rosululloh, orang bagaimanakah yang paling utama? Rosululloh saw. Menjawab:Orang mukmin yang berjihad di jalan Alloh dengan jiwa dan hartanya .Mereka bertanya lagi: Kemudian siapa? Beliau menjawab: Seorang mukmin yang berada dalam suatu lembah, takut kepada Alloh dan meninggalkan manusia dari kejahatan mereka .”(Al-Bukhori: 4/201).

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال رسول الله صلي الله عليه وسلم من ءامن بالله وبرسوله وأقام الصلاة وصام رمضان كان حقا علي الله أن يدخله الجنة جاهد في سبيل الله أو جلس في أرضه الذي ولد فيها فقالوا يا رسول الله أفلا نبشر الناس قال إن في الجنة مائة درجة أعدها الله للمجاهدين في سبيل الله ما بين درجتين كما بين السماء والأرض .

Dari Abu Huroiroh ra. Bahwasanya rosululloh bersabda:”Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan rosul-Nya,menegakkan sholat dan menunaikan puasa romadhon ,maka Alloh pasti akan memasukkannya kedalam syurga, baik dia berjihad di jalan Alloh maupun duduk di daerah ia dilahirkan.”Maka para sahabat berkata:”Bagaimana kalau hal ini kami kabarkan kepada orang-orang?” beliau bersabda:”Sesungguhnya di syurga itu ada seratus tingkatan yang disiapkan untuk para mujahidin di jalan Alloh yang mana jarak antara dua tingkatan sebagaimana jarak antara langit dan bumi.”(Al-Bukhori:4/202)

وعن عمرو بن عبسة رضي الله عنه قال قال رحل يا رسول الله ما الإسلام ؟قال أن يسلم قلبك وأن يسلم المسلمون من لسانك ويدكقال فأي الإسلام أفضل؟ قال أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله والبعث بعد الموت قال فأي الإيمان أفضل؟ قال الهجرة قال وما الهجرة؟ قال أن تهجر السوء قال فأي الهجرة أفضل؟ قال الجهاد قال وما الجهاد؟ قال أن تقاتل الكفار إذا لقيتهم قال فاي الجهاد أفضل؟ قال من عقر جواده وأهريق دمه

Artinya :"Dari Amr bin Habasah ra. beliau berkata:Ada orang bertanya kepada rosululloh: ‘Wahai Rosululloh, apakah Islam itu?’ Beliau menjawab:’Hendaknya hatimu merasa aman, dan juga orang-orang muslim merasa aman dari lidah dan tanganmu.’Orang tersebut bertanya:’Lalu bagaimanakah Islam yang paling utama?’ Beliau menjawab: ‘Iman.’ Orang tersebut bertanya lagi; ‘Apakah iman itu?’ Beliau menjawab: ‘Hendaknya kamu beriman kepada Alloh, malikat-malaikat-Nya,kitab-kitab-Nya,Rosul-rosul-Nya dan kebangkitan setelah mati.Orang tersebut bertanya lagi:lalu bagaimanakah iman yang paling utama itu?’ Beliau menjawab: ‘Hijroh.’ Orang tersebut bertanya lagi:’Apakah hijroh itu?’ Beliau menjawab; ‘Hendaknya engkau meninggalkan amalan jelek.’Orang tersebut bertanya lagi:’Lalu bagaimanakah hijroh yang paling utama itu?’ Beliau menjawab: ‘Jihad.’ Orang tersebut bertanya lagi: ‘Apakah jihad itu?’ Beliau menjawab: ‘Hendaknya engkau memerangi orang kafir jika kamu bertemu mereka.’ Orang tersebut bertanya lagi: ‘Lalu bagaimanakah jihad yang paling utama itu?’ Beliau menjawab; ‘yaitu siapa saja yang terluka kudanya dan tertumpah darahnya.’ ” (HR. Ahmad IV/114 dan sanadnya shohih juga diriwayatkan oleh Ath Thobroni,Al-Baihaqi dalam kitab syu’abul iman I/9 dan lain-lain.)

ما اغبرت قدما عبد في سبيل الله فتسهما النار
“Tidaklah mungkin kedua kaki hamba yangberdebu fii sabiilillah lalu disentuh api neraka.”
Ibnu Abi Syaibah meriwayatka hadits dengan sanad hasan dari Makhul secara mursal, ia berkata:

جاء رجل إلي النبي فقال يا رسول الله إن الناس قد غزوا وقد حبسني شيئ فدلني على عمل يلحقني بهم ! قال هل تستطيع قيام الليل ؟ قال أتكلف ذلك ! قال هل تستطيع صيام النهار؟ قال نعم. قال فإن إحياءك ليلك صيامك نهرك كنومة أحدهم. (مصنف ابن أبي شيبة 5/297)
Seseorang dating kepada Rosululloh dan berkata:”Wahai Rosululloh, orang-orang pada berangkat berperang, sedangkan aku terhalang oleh sesuatu. Maka tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang pahalanya menyamai mereka! Beliau bertanya:”Apakah kamu bisa qiyamul lail?” Orang tersebut menjawab:”Aku berat dalam melaksanakannya.” Beliau bertanya lagi:”Apakah kamu bisa siyam pada siang hari?” ia menjawab:”Ya.” Rosululloh bersabda:”Sesungguhnya qiyamullailmu dan siyammu pada siang hari pahalanya sama dengan tidurnya mereka.”

Keutamaan syahid

من قاتل في سبيل الله فواق ناقة فقد وجبت له الجنة و من سأل الله القتل في سبيل الله من نفسه صادقا ثم مات أو قتل فإن له أجر شهيد و من جرح جرحا في سبيل الله أو نكب نكبة فإنها تجيء يوم القيامة كأغزر ما كانت لونها لون الزعفران و ريحها ريح المسك و من خرج به خراج في سبيل الله كان عليه طابع الشهداء

“Barang siapa yang berperang fii sabiilillah sekalipun hanya sekejap, maka wajib baginya untuk masuk jannah. Barang siapa yang memohon kepada Alloh untuk mati syahid dengan sungguh-sungguh, lalu ia mati atau terbunuh, niscaya ia akan dituliskan baginya pahala orang yang mati syahid. Barang siapa yang terluka fii sabiilillah atau cedera, niscaya pada hari kiyamat nanti akan mengucur lebih deras dari pada lukanya itu, warnanya bagaikan za’faron dan aromanya bagaikan kasturi. Barang siapa yang lukanya mengeluarkan fii sabiilillah, niscaya ia akan mendapatkan cap stempel para syuhada’ pada nanahnnya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’I, At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban dari Mu’adz bin Jabal)

إن للشهيد عند الله خصالا – سبع خصال- أن يغفر له من أول دفعة من دمه و يري مقعده من الجنة ويحلى حلية الإيمان و يزوج من الحور العين ويجار من عذاب القبر ويأمن من الفزع الأكبر ويوضع على رأسه تاج الوقار الياقوتة منه ختر من الدنيا وما فيها ويزوج اثنتين وسبعين من الحور العين و يشفع في سبعين إنسانا من أقاربه (حديث صحيح رواه أحمد والترمذي وابن حبان )

“Sesungguhnya orang yang mati syahid itu memdapatkan tujuh macam di sisi Alloh:
(1) Diampunkan dosanya sejak pertama kali tetesan darahnya. (2) Melihat tempat duduknya di jannah, (3) Dihiasi dengan hiasan iman, (4) Diamankan dari adzab kubur, (5) Aman dari Al-Faza’ul Akbar, (5) Diletakkan mahkota diatas kepalanya, satu permata yang ada padanya lebih baik dari pada dunia dan seisinya, (6) Dikawinkan dengan 72 Huurun ‘Iin, (7) Diberikan syafa’at untuk 70 kerabatnya.

والذي نفسي بيده لا يكلم أحد في سبيل الله والله اعلم بمن يكلم في سبيله إلا جاء يوم القيامة اللون لون الدم والريح ريح المسك (رواه مسلم وأحمد )

“Demi dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, tidaklah seorangpun yang terluka fii sabiilillah – dan Alloh Maha tahu siapa yang terluka fii sabiilillah- kecuali orang tersebut akan datang pada hari kiyamat dalam keadaan lukanya berwarna darah namun baunya bau kasturi.”

ليس شيئ أحب إلى الله من قطرتين أو أثرتين قطرة دمعة من خشية الله وقطرة دم تهراق في سبيل الله وأما الأثران فأثر في سبيل الله وأثر في فريضة من فرائض الله (حديث حسن رواه الترمذي )

“Tidak ada sesuatupun yang lebih Alloh cintai melebihi dua tetesan atau dua bekas. Yaitu tetesan air mata karena takut kepada Alloh dan tetesan darah yang tertumpah fii sabiilillah adapun dua bekas adalah bekas berjihad fii sabiilillah dan bekas dalam melaksanakan suatu kewajiban dari kewajiban- kewajiban Alloh.”

Keutamaan kuda mujahid

من احتبس فرسا في سبيل الله إيمانا بالله وتصديقا بوعده فإن شبعه وريه وروثه وبوله في ميزانه يوم القيامة ( البخاري رقم 2853 )
“Barang siapa yang memelihara kuda fii sabiilillah lantaran iman kepada Alloh dan percaya kepada janji Alloh, maka makanan yang mengenyangkannya, minumannya, beraknya dan kencingnya berada dalam timbangannya pada hari kiyamat.”

الخير معقود بنواصى الخيل إلى يوم القيامة والمنفق على الخيل كالباسط كفّه بالنفقة لا يقبضها (صحيح, رواه الطبرانى في الأوسط عن أبي هريرة وهو في صحيح الجامع برقم 3344 )

“Kebaikan itu terikat pada jambul kuda sampai hari kiyamat dan orang yang membelanjakan hartanya untuk kudanya seperti orang yang berinfaq dan tidak menahannya.”
الخيل معقود بنواصيها الخير إلى يوم القيامة : الأجر والمغنم (صحيح متفق عليه وهو في صحيح الجامع برقم 4410)

“Kuda itu terikat pada jambulnya kebaikan sampai hari kiyamat: yaitu pahala dan ghonimah.”

Huurun ‘Iin dan ciri-cirinya

وحور عين ثم كأمثال اللؤلؤ المكنون[الواقعة]

Ath-Thobari berkata dalam menafsirkan ayat ini:
“Sedangkan Al-Huur adalah jama’ah dari Hauro’ yang artinya suci matanya sangat hitam dan sangat putih (bermata jeli) maka dengan demikian ‘Iin adalah jama’ dari ‘Aina’ yang artinya yang sangat indah matanya. Sedangkan firman Alloh yang berbunyi “ Kaamtsalil lu’luil maknun “ (seperti permata yang tersimpan) dalam kejernihan dan putihnya mereka untuk pelayan seperti permata yang tersimpan.”

Ibnu Katsir berkata dalam menafsirkan ayat di atas:
Sebagian ada yang membaca dengan dlommah dengan demikian maksudnya adalah dan mereka di sana mendapatkan huurun ‘iin. Adapun jika dibaca kasroh maka akan mengandung dua kemungkinan arti, kemungkinan pertama I’robnya mengikuti sebelumnya,seperti firman Alloh:”Mereka dikelilingi oleh para pelayan-pelayang yang tetap umurnya. Dengan membawa cangkir-cangkir, ceret-ceret dan gelas-gelas yang berisi dari mata air mereka tidak pusing dan tidak pula mabuk, dan buah-buahan yang mereka pilih dan daging burung yang mereka inginkan dan huurun ‘iin. Sebagaimana juga halnya firman Alloh “ Wamsahu biru usikum warjulikum “ dan juga firman Alloh “ ‘Alaihim tsiyabun sunsudun” . Dan kemungkinan kedua adalah Huurun ‘iin termasuk yang dikelilingi oleh pelayan-pelayan yang tetap muda akan tetapi didalan istana dan tidak berada diantara mereka namun berada dalam kemah-kemah para pelayan itu mengelilingi hurun ‘iin. Wallohu a’lam. Dan firman Alloh “ Kaamtsalil lu’luil maknun “ artinya mereka seperti permata yang sejuk/lembab dalam hal keputihan dan kejernihannya sebagaimana yang telah lalu dalam surat Ash-Shoffaat.

وكواعب أترابا [النباء33]

Al-Qurthubi berkata dalam menafsirkan ayat ini:
“Kawa’ib jama’ dari ka’ib yang berarti “montok buah dadanya”. Adl-Dluhak berkata:”sebagai mana montoknya buah dada perawan.”

Ath-Thobari ketika menafsirkan ayat di atas berkata:
“Dan firman Alloh “ Wakawaibu atroobaa” yaitu yang montok buah dadaanya dan sebaya umurnya. Dan begitulah para ahli tafsir mengatakan.
Dan diantara yang mengatakan hal itu adalah sebagai mana yang diceritakan kepadaku oleh ‘Ali, beliau berkata bercerita kepada kami Sholih beliau berkata; bercerita kepada saya Mu’awiyah dari ‘Ali dari Ibnu Abbas tentang firman Alloh وكواعب beliau berkata; montok buah dadanya.
Dan sedangkan firman Alloh “ Atroobaa “ adalah sebaya. Bercerita kepadaku Muhammad bin Sa’ad, belau berkata; bercerita kepadaku bapakku, ia berkata; telah bercerita kepadaku pamanku, ia berkata; telah bercerita kepadaku bapakku dari Ibnu Abbas tentang firman Alloh “ Wakawaibu atroobaa” yaitu wanita-wanita yang sebaya. Bercerita kepadakami Ibnu Abdil A’la, ia berkata; bercerita kepada kami Ibnu Tsaur, dari Ma’mar dari Qotadah tentang firman Alloh “ Wakawaibu atroobaa” yaitu wanita-wanita yang montok buah dadanya dan seumur.
Bercerita kepadaku Bisyr,ia berkata; bercerita kepadakami Yazid, ia berkata; telah bercerita kepadakami Sa’id dari Qotadah kemidian ia benggambarkan isi jannah, ia berkata: “ Hadaaiqo wa a’naabaa wakawaibu atroobaa” adapun “ Wakawaibu atroobaa “ adalah wanita-wanita yang seumur. Bercerita kepadaku Abbas bin Muhammad, ia berkata; telah bercerita kepada kami Hajjaj dari Juraij; “ al kawaa’ib” artinya adalah yang montok buah dadanya.
Bercerita kepadaku Yunus, ia berkata; telah mengkabarkan kepada kami Wahab, ia berkata; berkata Ibnu Zaid tentang ayat yang berbunyi: “ Wakawaibu atroobaa” ia berkata “ al kawaa’ib” adalah yang montok dan menonjol buah dadanya sedangkan “atroobaa “wanita-wanita yang sebaya. “ Wakawaibu atroobaa” artinya yang bermata jeli dan montok buah dadanya. Ibnu Abbas, Mujahid dan yang lain berkata: ” kawaa’ib ” adalah buah dada mereka montok dan tidak menggantung karena mereka masih perawan dan sebaya (seumur) sebagaimana yang telah dibahas dalam surat Al-Waqi’ah. Ibnu Abi Hatim berkata: Dari Abi Umamah bahwasanya belau pernah mendengar Rosululloh bersabda:”Sesungguhnya baju gamisnya penghuni jannah itu terjulur dari ridlo Alloh dan sesungguhnya awan akan melalui mereka dan menyeru; wahai penghuni jannah apakah kalian inginkan aku menghujani kalian. Hingga awan itupun menghujani mereka dengan paaara bida dari yang montok buah dadanya dan sebaya.”

Ibnu Katsir berkata dalam menafsirkan ayat di atas:
“ Wakawaibu atroobaa” artinya yang bermata jeli dan montok buah dadanya. Ibnu Abbas, Mujahid dan yang lain berkata: ” kawaa’ib ” adalah buah dada mereka menonjol dan tidak menggantung karena mereka masih perawan dan sebaya (seumur) sebagaimana yang telah dibahas dalam surat Al-Waqi’ah. Ibnu Abi Hatim berkata: Dari Abi Umamah bahwasanya belau pernah mendengar Rosululloh bersabda:”Sesungguhnya baju gamisnya penghuni jannah itu terjulur ari ridlo Alloh dan sesungguhnya awan akan melalui mereka dan menyeru; wahai penghuni jannah apakah kalian inginkan aku menghujani kalian. Hingga awan itupun menghujani mereka dengan para bidadari yang montok buah dadanya dan sebaya.

إن أصحاب الجنة اليوم في شغل فاكهون هم وأزواجهم في ظلال على الأرآئك متكئون لهم فيها فاكهة ولهم ما يدعون سلام قولا من رب رحيم (يس:55-58 )

Al-Qurthubi ketika menafsirkan ayat di atas berkata:
Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Qotadah dan Mujahid berkata:”Mereka sibuk di dalam memecahkan keperawanan para bidadari. Sedangkan At-Tirmidzi menyebutkan dalam kitabnya Musykilul Qur’an; Telah menceritakan kepada kamu Muhammad bin Hamid Ar-Rozi; beliau berkata; telah bercerita kepad kami Ya’qub bin Al-Qommi dari Hafsh bin Hamid dari Syamar bin ‘Ithiyyah dari Syaqiq bin Salamah dari Abdulloh bin Mas’ud tentang ayat ini:”Mereka sibuk dalam memecahkan keperawanan para bidadari.”
Dan dalam riwayat adari Ibnu Abbas sama seperti itu. Abu Qilabah berkata:”Ketika seorang dari penduduk jannah bersama dengan keluarganya, dikatakan kepadanya; beranjakalah dari keluargamu! Maka ia menjawab:Aku sibuk bersama keluargaku lalu dikatakan lagi beranjaklah dari keluargaku maka dikatakan penduduk jannah sibuk dengan kenikmatan sehingga tidak sempat memperhatikan ahlul maksiyat dan neraka tempat tinggal mereka serta adzab pedih yang mereka rasakan, meskipun diantara mereka ada kerabat dan keluarga mereka. Hal ini dikatakan oleh Sa’id ibnul Musayyib dan lainnya.
Dan dalam sebuah Khobar dari Abi Sa’id Al-Khudri bahwasanya Nabi bersabda:”Sesungguhnya penduduk jannah setiap kali mengumpuli istri mereka, mereka kembali perawan lagi. Dan ibnu Abbas berkata: ”Sesungguhnya seorang penduduk jannah benar-benar memeluk istrinya selama tujuh puluh tahun dan tidak bosan dan istrinyapun tidak bosan. Setiap kali ia mengumpulinya istrinya kembali lagi menjadi perawan, dan setiap kali ia menemuinya bangkit lagi syahwatnya, lalu ia mengumpulinya dengan kekuatan tujupuluh orang dan tidak keluar mani baik dari dirinya maupun dari istrinya.”
Ath-Thobari ketika menafsirkan ayat di atas berkata:
Para ahli tafsir berselisih pendapat tentang makna As-Sughul yang Alloh sebutkan sebagai keadaan penduduk jannah pada hari qiyamat. Diantara mereka ada yang mengatakan; sibuk dalam memecahkan keperawanan para bidadari. Hal ini diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas dan Ibnul Musayyib.
Dan yang lain mengatakan; akan tetapi yang dimaksud adalah mereka berada dalam kenikmatan. Hal ini diriwayatkan dari Mujahid. Dan dari riwayat Al-Hasan, belau berkata: mereka disibukkan dengan kenikmatan sehingga tidak sempat memberikan perhatian kepada penduduk neraka. Dan yang lain mengatakan; mereka sibuk sehingga tidak sempat memberikan perhatian kepada apa yang didapatkan penghuni neraka. Hal ini diriwayatkan dari Isma’il bin Kholid. Dan penadapat yang paling mendekati kebenaran adalah sebagai mana yang disebutkan oleh Alloh bahwasanya penghuni jannah sibuk bersama dengan keluarga mereka dengan kenikmatan, memecahkan keperawanan bidadari, bermain, kesenangan sehingga tidak sempat memperhatikan apa yang menimpa penduduk neraka.
Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat di atas berkata:Alloh menceritaka bahwasanya penduduk jannah nanti pada hari qiyamat setelah beranjak dari ‘aroshot mereka singgah di taman-taman jannah, mereka tersibukkan dengan segala kenikmatan dan keberuntungan yang mereka dapatkan sehingga tidak memperhatikan yang lain. Berkata Al-Hasan Al-Bashri dan Isma’il bin Abi Kholid, mereka tidak sempat memperhatikan adzab yang menimpa penduduk neraka. Dan berkata Mujahid:”Fakihun artinya mereka tertutup dalam kenikmatan.” Dan begitu pula yang dikatakan Qotadah. Sedangkan Ibnu Abbas berkata:”Fakihun artinya adalah senang.” Berkata Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Sa’id bin Musayyib, Ikrimah, Al-Hasan, Qotadah, Al-A’masy, Sulaiman At-Taimia dan Al-Auza’I tentang firman Alloh …. Mereka sibuk dalam memecahkan keperawanan bidadari. Dan dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas “ fi syuglin fa kihun “sibuk dalam mendengarkan senar alat musik. Dan Abu Hatim berkata:”Mungkin ini salah dengar, yang benar adalah sibuk dalam memecahkan keperawanan bidadari.”


Selalu ingat firman Allah- yang artinya -
1. “ dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang gugur dijalan Allah – bahwa mereka itu – mati. Bakan sebenarnya mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya – merasakannya” (surat Al Barqarah : 154)
2. “diwajibkan atas kalian berperang – dan itu memang sesuatu hal yang kalian benci- boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu sesuatu yang baik bagimu dan boleh jadi kamu menyenangi sesuatu padahal itu sesuatu yang jelak bagimu . dan Allah Maha Mengetahui dan kamu tidak mengetahui” ( AlBaqarah : 216)
3. dan diantara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridloan Allah dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hambaNya” (Al Baqarah : 207 )
4. “setiap yang bernyawa itu pasti akan mati “ ( surat Ali Imron : )
5. “Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (QS. 61:10) (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya, (QS. 61:11) niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS. 61:12) Dan (ada lagi) karunia lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya).Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman. (QS. 61:13) Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putera Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia:"Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?". Pengikut-pengikut yang setia itu berkata:"Kamilah penolong penolong agama Allah!", lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang. (QS. 61:14)
….masih banyak ayat – ayat Allah yg lain silahkan dibaca tafsirnya dan sama – sama dipelajari hadits Rasulullah. Seperti :

مَنْ جَهَّزَ غَاِزيًا فَقَدْ غَزَى (رواه البخاري )

Barang siapa yang mempersiapkan perbekalan untuk yang akan berperang –maka dia telah berperang juga – wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebaik-baik Orang Adalah Yang Banyak Amal Sholehnya Lagi Bertaqwa

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. At-Taubah 71

Ucapkan Bismillah

web Islami

Urwah al-Wutsqo

Urwah al-Wutsqo
Tali Allah yang harus ditinggikan dimuka bumi serta menjadikan kalimat orang kafir menjadi rendah.